Kapan waktu yang tepat pake behel??

Sabtu, 19 Maret 2011

"Umur berapa sih anak boleh pakai behel?"
"Kalau masih ada gigi susunya apa boleh pakai behel?"

Perlu kita samakan persepsi terlebih dahulu... apa sih yang dimaksud orangtua dengan istilah "pakai behel" itu?
Istilah behel dengan warnanya yang colorful itu dalam kedokteran gigi disebut juga dengan perawatan ortodontik cekat atau Fixed Orthodontic ...

Apa gunanya behel?
Gunanya adalah untuk merapihkan gigi yang posisinya tidak teratur.

Dalam kedokteran gigi terdapat 2 jenis perawatan ortodontik yaitu dengan alat lepasan (removable appliance) dan alat cekat (Fixed appliance)



Apa beda antara alat lepasan dan cekat?
Bedanya tentunya alat lepasan dapat dilepas dan dipasang sendiri oleh pasien, sedangkan alat cekat, akan selalu menempel pada gigi.

Selain itu berbeda pula hasil maupun tujuan pemakaian alat tersebut.
Alat lepasan hanya memberikan hasil pergerakan gigi yang terbatas, oleh sebab itu seringkali diberikan untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
Sedangkan alat cekat memberikan pergerakan gigi yang lebih banyak daripada alat lepasan, yaitu ke 3 bidang, sehingga dapat digunakan baik pada anak maupun orang dewasa.

Lalu kapan anak-anak mulai boleh memakai alat cekat?
Timing yang tepat untuk penggunaan alat ortodontik cekat bagi anak berbeda-beda tiap anak.
Hal ini tergantung dari :

1. Keparahan kelainan oklusi gigi (maloklusi) anak
Terdapat beberapa kelainan oklusi gigi anak yang harus segera dikoreksi untuk mencegah keparahannya seiring anak makin beranjak dewasa. Misalnya : gigi seri rahang awah berada di depan gigi seri rahang atas, gigi tonggos, gigi berjejal (crowding) parah. Kelainan-kelainan tersebut perlu segera dikoreksi untuk mencegah keparahan lebih lanjut ketika anak dewasa, yang tentunya akan semakin kompleks dan membutuhkan biaya yang lebih besar.

2. Tahap pertumbuhan fisik dan pertumbuhan gigi tetap anak
Mulai usia 7 tahun biasanya anak sudah memiliki beberapa gigi tetap. Bila gigi-gigi tersebut sudah cukup untuk dilakukan pemasangan alat ortodontik cekat maka perawatan tersebut dapat dipertimbangkan.
Anak pada usia growth spurt (11-15 tahun) adalah saat pertumbuhan dan perkembangan yang pesat... ini merupakan golden time untuk perawatan ortodontik.

3. Pengaruh kelainan gigi tersebut terhadap interaksi sosial anak
Keadaan gigi yang parah seperti gigi yang tonggos seringkali mempengaruhi penampilan anak sehingga anak menjadi bahan olok-olok di sekolah. Bila hal ini terjadi perwatan ortodontik dapat dipertimbangkan.

4. Kooperatif anak
Pemasangan alat ortodontik cekat membutuhkan ketelitian yang akurat.
Anak harus dapat duduk diam & tenang selama pemasangan. Hal ini mustahil dilakukan pada anak masih takut ke dokter gigi ataupun yang memberontak dengan sikap tidak terkendali.

5. Kebersihan mulut anak
Pemasangan alat ortodontik cekat menyebabkan semakin mudahnya sisa-sisa makanan terjebak diantara gigi geligi dan semakin rentan pula mengalami gigi berlubang (karies) atau radang gusi (gingivitis). Oleh sebab itu anak harus mampu melakukan pembersihan gigi dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar